Selasa, 15 Agustus 2017

5 Dampak Makan Mie Instan Jika Dimakan Secara Berlebihan

Dampak Makan Mie Instan - Salah satu makanan Fast Food atau cepat saji yang banyak disukai adalah mie instan. Tahukah Anda apa dampak makan mie instan? Banyak orang yang tidak menyadari bahwa mengonsumsi mie instan sebenarnya kurang sehat jika dimakan secara berlebihan dan terus menerus. Makan mie instan boleh saja tapi harus ada batasnya tidak boleh dikonsumsi setiap hari karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Dampak buruk ini disebabkan karena kandungan dalam bumbu mie instan dan bahan mie instan yang tidak bisa dicerna langsung oleh tubuh. Jika tubuh harus mencerna bahan-bahan dalam mie instan bisa menyebabkan kerusakan pada organ dalam tubuh.


akibat makan mie instan,bahaya makan mie,makan mie instan,makan mie instan saat hamil,bahaya makan mie instan,makan mie instan mentah,efek makan mie,mie instan,
Baca juga : Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan
Dampak makan mi instan berlebihan memang tidak dirasakan secara langsung setelah mengonsumsi tapi akan dirasakan dalam jangka waktu yang lama. Apa sajakah dampak makan mie instan setiap hari dan terus menerus? Berikut penjelasannya.

1. Memicu hipertensi
Makan mie instan secara berlebihan bisa memicu tekanan darah menjadi tinggi atau hipertensi. Dampak ini ditimbulkan karena kandungan dalam bumbu mie instan. Dalam bumbu mie instan mengandung banyak vetsin atau MSG. Jika MSG dikonsumsi terlalu banyak setiap harinya maka bisa memicu hipertensi.

2. Mengganggu kesehatan pencernaan
Dampak makan mie instan secara berlebihan yang kedua adalah bisa mengganggu kesehatan pencernaan. Tubuh tidak bisa langsung mencerna mie instan dalam waktu yang cepat seperti makanan lainnya. Butuh waktu yang lama untuk mencernanya, jika memakan mie instan setiap hari dan berlebihan bisa menyebabkan usus menjadi tipis dan lama kelamaan bisa menyebabkan usus menjadi bocor dan berujung pada kematian.

3. Memicu terkena diabetes
Memakan banyak mie instan bisa menyebabkan diabetes apalagi jika dicampur dengan nasi. Dampak makan mi instan dan nasi memang bisa memicu kadar gula dalam darah menjadi tinggi. Hal ini disebabkan dalam mie instan sudah mengandung karbohidrat ditambah dengan nasi yang berkarbohidrat tinggi sehingga kandungan gula di dalam menjadi tinggi. Hal inilah yang bisa memicu Anda terkena diabetes jika mengkonsumsinya secara berlebihan.

4. Menyebabkan kanker
Dampak makan mie instan yang paling berbahaya adalah kanker. Terlalu banyak makan mie instan bisa merusak hati dan usus. Kerusakan pada hati bisa menyebar luas dan berdampak timbulnya kanker. Jika ini dibiarkan terus menerus bisa membuat hati semakin rusak dan akhirnya tidak bisa berfungsi seperti biasanya.

5. Mengganggu syaraf otak
Kinerja otak juga akan terganggu jika mengonsumsi mie instan secara menerus. Kandungan MSG dalam bumbu mie instan bisa melemahkan sistem kerja otak dan akibatnya bisa mengganggu bahkan mematikan sistem syaraf otak secara keseluruhan.

Lalu, bagaimana agar bisa tetap menyantap mie instan dengan sehat? Ada cara yang praktis untuk membuat mie instan sehat dikonsumsi yaitu dengan mengurangi kadar bumbu yang digunakan atau menggantinya dengan bumbu buatan sendiri. Selain itu, air rebusan mie instan sebaiknya diganti dengan yang baru. Atau dengan kata lain direbus dua kali. Agar lebih sehat juga bisa ditambahkan dengan sayuran dan bahan lainnya yang mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi. Dampak makan mie instan yang berbahaya ini bisa dihindarkan jika Anda bisa mengolah mie instan dengan sehat dan tidak mengkonsumsinya setiap hari.